Senin, 10 November 2008

SOAL TUGAS SPM

MINI CASE

BERJAYA INOVATOR (BI) adalah produsen sparepart yang dipergunakan untuk industri sepeda motor dan mobil. Dalam beberapa tahun ini BI telah tumbuh dengan mantap berlandaskan ketinggalan dalam inovasi produk. Sepeda motor maupun mobil dapat berfungsi ganda yaitu menggunakan tenaga matahari dan battery/accu. Pada musim panas sepeda motor dan mobil menggunakan tenaga matahari sambil mengisi battery untuk persiapan musim dingin. Perusahaan mempunyai daerah pemasaran tidak hanya di dalam negeri tetapi juga export ke negara-negara Asia. Pada saat ini perusahaan mempekerjakan3.500 karyawan produksi dan 450 staf di lima pabriknya yang tersebar di Indonesia. Selain itu mereka juga memberikan training SIX SIGMA untuk pekerja baru dengan biaya Rp 25 juta,- dan training pengembangan produk untuk karyawan senior Rp 40 juta,-.
Akhir2 ini tingkat pertumbuhan penjualan dan laba perusahaan merosot dengan tajam sekitar 8 %. Hal ini disebabkan karena dibukanya keran impor oleh pemerintah, sehingga perusahaan pesaing masuk terutama untuk pasar domestik. Dalam rangka perencanaan strategik baru-baru ini perusahaan telah mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan kompetitifnya. Manajemen percaya bahwa salah satu kekuatan perusahaan kepada pelanggan (customer service) terutama dalam hal memenuhi jadwal pengiriman produk. Selain itu ada keluhan dari konsumen bahwa ada karyawan kurang dapat memberikan informasi yang memuaskan. Akibatnya ada pelanggan yang memberikan penalty dengan membayar hutangnya terlambat 2 bulan, sehingga perusahaan perpaksa rugi bunga 2 %. Keterlambatan pengiriman produk dapat merugikan pelanggan karena keterlambatan ini dapat menyebabkan tertundanya produksi dan penjualan pelanggan. Manajemen BI percaya bahwa penggunaan Balanced Scorecard untuk pelaporan internal dapat membuat perusahaan menjadi lebih kompetitif. Salah satu tindak lanjut dari BI adalah memberikan insentive tambahan bagi karyawan yang bekerja baik. Tahun depan direncanakan ada program survey kepuasan konsumen serta perbaikan gaji.

DIMINTA:

Sebagai seorang Manajer dalam perusahaan BI Saudara diminta untuk mengembangkan perbaikan BALANCED SCORECARD untuk BI. Berilah contoh item-item yang disarankan dari masing-masing perspektif dalam balanced scorecard (minimal 3 item untuk setiap aspek / indikator).
=== SELAMAT MENGERJAKAN, SEMIGA BERHASIL ===

Tidak ada komentar: