Kamis, 06 November 2008

SOAL SALAM DAN ISTISHNA'

SOAL AKUNTANSI SALAM
Berikut ini data salam parallel pada Bank Syariah Amanah:
Pembeli akhir : PT. JAYA RAYA
Produk yang dipesan : Sragam Karyawan Kantor
Jumlah : 100 pasang
Ukuran : All size
Harga pesanan ke bank: Rp 200.000,- per pasang
Harga tunai dibayar ke bank syariah, kemudian Bank Syariah memesan ke Konveksi Makmur, dengan harga pesanan Rp 180.000,- per pasang. Pesanan diminta 1 bulan setelah tanggal akad salam. Akad salam ditandatangani oleh bank dan PT. JAYA RAYA pada 1 Maret 2008, dan akad salam dengan Konveksi Makur ditandatangani pada 3 Maret 2008.
Pada tanggal penyerahan yang disepakati, ternyata pesanan baru selesai 80 pasang dan Konveksi Makmur minta perpanjangan waktu 1 minggu. Setelah diperpanjang, ternyata Konveksi hanya bias menyelesaikan 10 pasang karena kehabisan bahan dan tidak diperoleh bahan yang sesuai dengan pesanan. Akhirnya, pemesanan minta kembali uang yang telah dibayarkan dan konveksi harus membayar denda Rp 200.000,-- untuk diserahkan kepada PT. JAYA RAYA sebagai pembeli akhir.
DIMINTA: BUATLAH JURNAL YANG DIPERLUKAN ATAS TRANSAKSI DI ATAS.

SOAL AKUNTANSI ISTISHNA’
Berikut ini data Istishan parallel pada Bank Syariah Sejahtera:
Pembeli akhir : PT. MAKMUR
Produk yang dipesan : RUMAH KANTOR
Jumlah : 5 buah
Ukuran : 100/200, 2 lantai dengan kualitas baik.
Harga pesanan ke bank: Rp 400 juta,- per rumah.
Rumah diminta selesai dalam waktu 1 tahun, akad ditandatangani antara PT Makmur dan bank syariah pada 1 Agustus 2007 dan antara bank syariah dengan pengembang ditandatangani pada 5 Agustus 2007.
Bank syariah kemudian memesan kepada Pengembang, dengan harga Rp 350 juta,- per rumah. Pembeli akhir membayar dalam tiga tahap, masing-masing 30%, 30%, dan 40%. Demikian juga bank syariah dalam membayar kepada Pengembang. Rumah selesai dan diserahkan pada 5 Agustus 2008.
BUATLAH JURNAL YANG DIPERLUKAN SAMPAI DENGAN PENYERAHAN RUMAH KEPADA PEMBELI AKHIR.

1 komentar:

slametwi.blogspot.com mengatakan...

Doakan saya dapat mengerjakan dengan baik ya pak.... terus bagi ilmu yang bapak punya kepada kita pak, semoga menjadi amal ibadah bapak, amin. Tyas